Rupa-rupa Seni Rupa Darminto


Tak banyak yang mengetahui, bahwa awal mula kesenian paling mempengaruhi dan mejadi minat Darminto adalah di bidang seni rupa (lukis/gambar). Setidaknya itu dilakukannya sejak TK (taman kanak-kanak). Tak ada buku gambar yang bertahan kosong lebih dari tiga hari. Gambar perahu di laut, dan kegiatan orang memancing ikan di dalamnya, sementara kapal terbang dan burung melintas-lintas di atasnya adalah obyek yang paling disukai Darminto.


Minatnya yang besar pada seni gambar atau seni rupa ini di SD (sekolah dasar) mendapat "teman" baru; yakni minatnya yang sama besar pada dunia karang-mengarang. Itu terjadi setelah dia banyak membaca buku-buku perpustakaan di sekolah.



Jadi kalau kemudian saat ini orang mengenal Darminto karena kartun, tulis-menulis dan bahkan sebagai pengamat/kritikus humor adalah akibat saja dari landasannya yang amat kokoh di masa-masa kanaknya yang  memiliki minat begitu besar pada bidang seni rupa dan seni mengarang. Di sekolah menengah (SMP) perhatiannya kepada seni kartun/humor makin memberi warna dan minatnya kepada seni rupa, termasuk keaktifannya mengirim karya kartun ke media ibukota (STOP dan DR - Detektip & Romantika) meski belum satupun berhasil dimuat, tak pernah membuatnya patah semangat atau berhenti mencintai semua bidang itu.

Di bawah ini, ditampilkan beberapa gambar/lukisan digital karya-karya mutakhirnya - terutama setelah mengenal dan dapat mengoperasikan Photoshop, sesuatu (media baru) yang di masa lalu sangat dijauhinya karena kerumitannya, namun setelah setahap demi setahap kemampuan teknisnya bertambah, dia tak tahan untuk tidak mempraktikkannya setiap saat punya waktu senggang. Demikian, semoga informasi ini dapat memberi gambaran utuh tentang kiprah dan kesenian Darminto. Kalau belakangan ia terlihat sangat aktif di bidang seni rupa, sesungguhnya ia sedang berurusan dengan inti keseniannya yang paling purba, sebelum bicara soal seni tulis-menulis, jurnalistik, kartun, humor dan sebagainya.


Blue Diamond - dibuat th 2005/2006

Fish Abstraction - dibuat th 2005/2006

Human Being - dibuat awal September 2012

Ratna Mutu Manikam - dibuat Juli/Agustus 2012

The Barong - Karya yang dia ragukan, karena lupa membuatnya


The Untitled 1 - dibuat 12 September 2012







deMes

0 Responses to "Rupa-rupa Seni Rupa Darminto"

Post a Comment